Pengelolaan Kelas Masalah Belajar


Pengelolaan Kelas Masalah Belajar – jebidal.com
BAB I Pengelolaan Kelas Masalah Belajar

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tugas utama seorang guru adalah membelajarkan siswa. Namun adakalanya didalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sering ditemukan masalah-masalah yang dialami siswa. Masalah-masalah tersebut dipengaruhi oleh faktor internal (yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri) dan juga oleh faktor eksternal (yang berasal dari luar siswa itu sendiri).
Masalah-masalah yang dialami oleh siswa apabila tidak segera di atasi tentunya akan menghambat proses belajar siswa dan akan berdampak pada pencapaian tujuan dari belajar tersebut. Siswa akan berhasil dalam proses belajar apabila siswa itu tidak mempunyai masalah yang dapat mempengaruhi proses belajarnya. Jika terdapat siswa yang mempunyai masalah dan permasalahan siswa tersebut tidak segera ditemukan solusinya, siswa akan mengalami kegagalan atau kesulitan belajar yang dapat mengakibatkan rendah prestasinya/tidak lulus, rendahnya prestasi belajar, minat belajar atau tidak dapat melanjutkan belajar. Untuk itu, sebagai seorang guru ataupun pendidik kita harus mengetahui kondisi siswa agar tercipta proses pembelajaran yang baik dan kondusif.
B. Rumusan masalah
1. Apakah pengertian dari masalah belajar?
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar?
3. Langkah-langkah yang ditempuh untuk menjamin keberhasilan belajar?
4. Langkah-langkah bimbingan belajar?
5. Jelaskan upaya-upaya penanggulangan masalah belajar?

C. Tujuan
Tujuan dari pembelajaran mengenai cara menentukan masalah-masalah yang dialami siswa :
1. Pembaca mengetahui definisi dari masalah belajar.
2. Pembaca dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar.
3. Pembaca dapat mengetahui langkah-langkah yang ditempuh untuk menjamin keberhasilan belajar?
4. Pembaca dapat mengetahui langkah-langkah bimbingan belajar?
5. Pembaca dapat mengetahui upaya-upaya penanggulangan masalah belajar?


PEMBAHASAN
A. Definisi Masalah Belajar
Masalah adalah ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan, ada yang melihat sebagai tidak terpenuhinya kebutuhan seseorang, dan adapula yang mengartikannya sebagai suatu hal yang tidak mengenakan. Prayitno (1985) mengemukakan bahwa masalah adalah sesuatu yang tidak disukai adanya, menimbulkan kesulitan bagi diri sendiri dan atau orang lain, ingin atau perlu dihilangkan. Sedangkan menurut pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan dalam tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengertian belajar dapat didefinisikan “Belajar ialah sesuatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.
Pengelolaan Kelas Masalah Belajar – jebidal.com
Pengelolaan Kelas Masalah Belajar
Pengelolaan Kelas Masalah Belajar
Pengelolaan Kelas Masalah Belajar part 1
part 2

Pengelolaan Kelas Masalah Belajar
  • Pengelolaan Kelas Masalah Belajar part 9
  • parafrasa syair burung nuri
  • tentukan maksud dan nilai yang terkandung dari syair burung nuri
  • kata yang bersifat arkais dan maknanya
  • kata yang bersifat arkais beserta maknanya
  • tentukan maksud dan nilai yang terkandung dari “syair burung nuri” tersebut.
  • kata yang bersifat arkais
  • kata bersifat arkais
  • tentukan kata yang bersifat arkais
  • tentukan kata yang bersifat arkais dan carilah makna kata tersebut
  • tentukan maksud dan nilai yang terkandung dalam syair burung nuri tersebut
  • tentukan maksud dan nilai yg terkandung dari syair burung nuri
  • tentukan maksud dan nilai yang terkandung dari syair burung nuri tersebut
  • jual point panjat tebing
  • jebidal.com
  • tentukan kata yang bersifat arkais dan makna kata tersebut

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengelolaan Kelas Masalah Belajar

0 komentar:

Post a Comment