Pengelolaan Kelas Masalah Belajar part 9


Pengelolaan Kelas Masalah Belajar – jebidal.com
Pengelolaan Kelas Masalah Belajar part 9

D. Langkah-langkah bimbingan belajar
Langkah-langkah bimbingan belajar :
1. Mengenal siswa yang mendapat kesulitan belajar dengan menggunakan norma atau ukuran kriteria tertentu.
2. Mencari sebab-sebab siswa mendapat kesulitan.
3. Mencari usaha untuk membantu memecahkan kesulitan-kesulitan itu.
4. Mengadakan pencegahan supaya kesulitan yang dialami seseorang tidak menular kepada yang lain (Sutijono, S, 1991 : 49).
Jika permasalahan siswa tidak segera ditemukan solusinya, siswa akan mengalami kegagalan atau kesulitan belajar yang dapat mengakibatkan rendah prestasinya/tidak lulus, rendahnya prestasi belajar, minat belajar atau tidak dapat melanjutkan belajar (S. Sucitae, 1972 : 2).
5. Tindak Lanjut. Tindak lanjut kegiatan bimbingan belajar, untuk mengevaluasi sejauh mana keberhasilan atau ketidakberhasilan, usaha-usaha memberikan bantuan pemecahan masalah yang telah diberikan.
E. Upaya-Upaya Penanggulangan Masalah Belajar
1. Perhatikan Mood
Untuk mengenal mood anak, seorang ibu harus mengenal karakter dan kebiasaan belajar anak. Apakah anak belajar dengan senang hati atau dalam keadaan kesal. Jika belajar dalam suasana hati yang senang, maka apa yang akan dipelajari lebih cepat ditangkap. Bila saat belajar, ia merasa kesal, coba untuk mencari tahu penyebab munculnya rasa kesal itu. Apakah karena pelajaran yang sulit atau karena konsentrasi yang pecah. Nah di sini tugas orangtua untuk menyenangkan hati si anak.
2. Siapkan Ruang Belajar
Kesulitan belajar anak bisa juga karena tempat yang tersedia tidak memadai. Karena itu, coba sediakan tempat belajar untuk anak. Selain itu, saat mengajari anak ini Anda bisa melakukannya dengan menularkan cara belajar yang baik. Misalnya bercerita kepada anak tentang bagaimana dahulu ibunya menyelesaikan mata pelajaran yang dianggap sulit. Biasanya anak cepat larut dengan cerita ibunya sehingga ia mencoba mencocok-cocokkan dengan apa yang dijalaninya sekarang.

3. Komunikasi
Masa kecil kita, pelajaran yang disukai tergantung bagaimana cara guru itu mengajar. Tidak bisa dipungkiri perhatian terhadap mata pelajaran, tentu ada kaitan dengan cara guru mengajar di kelas.
Sempatkan juga waktu dan dengarkan anak-anak bercerita tentang bagaimana cara guru mereka mengajar di sekolah. Jika, anak Anda aktif maka banyak sekali cerita yang lahir termasuk bagaimana guru kelas memperhatikan baju, ikat rambut, dan sepatunya. Khusus soal komunikasi ini, biarkan anak-anak bercerita tentang gurunya. Sejak dini biasakan anak berperilaku sportif dan pandai menyampaikan pendapatnya. Selamat mencoba.
Pengelolaan Kelas Masalah Belajar – jebidal.com
Pengelolaan Kelas Masalah Belajar part 9
Pengelolaan Kelas Masalah Belajar part 9

  • Pengelolaan Kelas Masalah Belajar part 10
  • part 8
  • Pengelolaan Kelas Masalah Belajar part 9
  • parafrasa syair burung nuri
  • tentukan maksud dan nilai yang terkandung dari syair burung nuri
  • kata yang bersifat arkais dan maknanya
  • kata yang bersifat arkais beserta maknanya
  • tentukan maksud dan nilai yang terkandung dari “syair burung nuri” tersebut.
  • kata yang bersifat arkais
  • kata bersifat arkais
  • tentukan kata yang bersifat arkais
  • tentukan kata yang bersifat arkais dan carilah makna kata tersebut
  • tentukan maksud dan nilai yang terkandung dalam syair burung nuri tersebut
  • tentukan maksud dan nilai yg terkandung dari syair burung nuri
  • tentukan maksud dan nilai yang terkandung dari syair burung nuri tersebut
  • jual point panjat tebing
  • jebidal.com
  • tentukan kata yang bersifat arkais dan makna kata tersebut

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengelolaan Kelas Masalah Belajar part 9

0 komentar:

Post a Comment