Observasi Pedagang Kaki Lima Es Sop Buah



Observasi Pedagang Kaki Lima Es Sop Buah

OBSERVASI PEDAGANG KAKI LIMAES SOP BUAH


Disusun untuk memenuhi tugas mandiri
Mata kuliah ekonomi kerakyatan
Dosen H. D. Suryatman, M. Pd
Oleh:
ARI SAEFUL BAHRI
ANI ULIYAH
NURHIDAYATI
TIANI KURNIA AYU

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA (RI)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI
CIREBON
2012


OBSERVASI PEDAGANG ES SOP BUAH

A. PENDAHULUAN

Cirebon merupakan suatu daerah yang sangat kaya akan wisata kulinernya, berbagai makanan dan minuman dapat ditemui, Cirebon memiliki wisata kuliner yang sangat kaya yang dapat menggugah selera makan wisatawan, seperti empal gentong, nasi lengko, docang, mie koclok khas Cirebon, bubur sup ayam, tahu gejrot hingga minuman pelepas dahaga seperti es cuing, es puter, es gusruk, dan es sop buah. Jajanan pasar seperti kue-kue basah khas Pasar Plered, sirup tjampolay serta kerupuk udang atau krupuk kulit tentu tidak dapat dikesampingkan. Sudah pasti Cirebon adalah surga bagi pecinta budaya, seni dan kuliner.
Dalam tulisan ani kami akan mengupas tentang salah satu bentuk minuman khas cirebon yaitu es sop buah yang memang sangat digemari oleh banyak kalangan dan juga banyak sekali ditemui di jalan-jalan trotoar di setiap sudut kota cirebon. sop buah tidak lain adalah kombinasi irisan atau serutan aneka buah yang disiram dengan air gula, ditambah es batu yang dihancurkan, lalu dilumuri susu kental manis, jadilah minuman segar yang menyehatkan. Bahan utamanaya adalah es kelapa muda untuk sopnya, sedangkan campuran buahannya cukup beraneka, mulai dari apel, alpukat, pear, anggur, strawberi, klengkeng, nangka, nanas, pepaya, sirsak, melon, blewah, dan tak ketinggalan timun suri dan buah-buahan lain. Karena penambahan es, air gula, dan susu kental, maka buah-buahan tersebut seperti mempunyai kuah sop, sehingga dinamakan “sop buah”. Sop Buah Khas Cirebon (SBKC) dijajakan dengan menggunakan gerobak dorong. Di hari-hari biasa, puncak kerumunan peminat sop buah ini terjadi pada siang hari, ketika terik menyengat bumi. Sepanjang jalan Pantura, gerobak sop buah banyak dijumpai di pinggiran pusat keramaian seperti pasar atau supermarket, sekolahan, pangkalan tempat becak atau ojek menanti penumpang, dan tidak sedikit yang mangkal di bawah pohon rindang. Harga seporsinya bervariasi mulai dari Rp. 4.000,- s.d. 8.000,- tergantung kelengkapan buah yang disajikan.
Karena minuman ini bahan bakunya merupakan buah-buahan jadi untuk mencarinya tidaklah sulit, banyak ditemua di pasar-pasar tradisional maupun swalayan. Jadi sumber daya alam yang dijadikan bahan baku tidak sulit ditemui, sehingga untuk mengembangkan usaha ini sangat mudah. Bukan hanya itu bahan-bahannya pun sangat murah, sehingga tidak dibutuhkan modal yang besar untuk menekuni usaha ini. Siapapun dapat menggeluti usaha ini, asalkan ada minat yang kuat sari pelaku usahanya. Es sop buah merupakan jenis usaha kecil menengah dan termasuk dalam pedagang kaki lima, karena tidak memerlukan modal besar dan menggunakan gerobak dorong yang di pangkalkan di pinggir jalan.

B. PERMASALAHAN

  1. MOTIFASI
Dari hasil obserfasi ke beberapa pedagang kaki lima yang kami amati yaitu pedagang es sop buah, kami menemukan beberapa jawaban yang menjadi motifasi bereka untuk mengembangkan usaha mereka, adapun ulasan wawancara kami di pedagang es sop buah adalah sebagai berikut:
a)      Pedagang di pasar karang asem Plumbon
Beliau menekuni usaha ini karena beliau menganggap masyarakat pada umumnya itu menggemari buah-buahan, namun biasanya orang-orang hanya dapat menikmati satu jenis saja dalam satu waktu. Hal itu dikarnakan adanya terbatasnya keuangan ataupun mungkin keterbatasan waktu dalam membelinya, oleh karena itu dengan adanya es sop buah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan buah-buahan yang beraneka macam. Jadi masyarakat dapat menikmati beberapa jenis buah dalam sekaligus dalam hidangan es sop buah ini.
b)      Pedagang di depan Indomaret Tengah Tani
Beliau menekuni usaha ini kerena beliau berfikir es sop buah adalah makanan yang sangat menyegarkan untuk dikonsumsi siang hari apalagi dalam cuaca panas, biasanya kalau seseorang merasa hawanya sudah terlalu panas mereka pasti mencari minuman segar. Diharapkan orang itu melihat aneka buah segar dan menjadi ingin membeli untuk mengobati rasa dahaganya.
c)      Pedagang di pertigaan taman tukmudal Sumber
Pedagang ini mencoba memanfaatkan kekosongan waktunya dirumah dan untuk membantu perekonomian keluarganya, dia memilih usaha ini karena dia piker untuk menekuni usaha ini sangat mudah sekali dan pastinya banyak sekali oirang-orang yang menggemari,




2. PROFESIONALISME
Kami mencoba mengulasnya secara gglobal dari beberapa ulasan yang disampaikan para pedagang es sop buah, baik pedagang di pasar kerang asem plumbon, di depan Indomaret Tengah Tani, dan di pertigaan Taman Tukmudal Sumber. Pada umumnya mereka awalnya hanya mencoba untuk dikonsumsi sendiri yang berawal dari hobi mengkonsumsi es sop buah yang dibelinya dari pedagang langganannya. Pada awalnya mereka hanya memperhatikan cara pembuatannya dan bahan-bahan yang diperlukan dari pedagang lain, namun ketika dicoba di rumah ternyata pembuataanya sangat mudah sekali dan rasanya pun tidak jauh beda dengan yang mereka beli. Bahkan dengan perpaduan bahan-bahan lain mereka dapat membuat rasa yang lebih nikmat, tergantung kelengkapan dan fariasinya…
Dalam usaha ini tidak dibutuhkan keahlian yang sulit, semua orang dapat membuatnya. Sehingga semua orang dapat membuat dan di pasarkan sendiri
3. PERMODALAN
Permodalan dalam usaha ini mereka mengambil dari tabungan yang dimiliki, ada juga yang meminjam dari saudaranya yang memiliki uang lebih. Namun sebagian besar mereka menggunakan uang sendiri karena dalam berjualan es sop buah tidak membutuhkan uang yang sangat besar, hanya modal awalnya saja yang membutuhkan modal yang banyak dan itupun masih dapat terjangkau oleh keuangan pribadi. Modal awal memang relative lebih besar karena mereka harus melengkapi peralatan dan perabotan yang mendukung, seperti gerobag dorong, mangkok, sendok, dan peralatan lain.
4. KONSUMEN
Konsumennya tidak begitu sulit, karena mayoritas orang menggemari minuman ini. Mereka yang berjualan di pasar tentunya mencari konsumen ibu-ibu yang sedang berbelanja ataupun orang yang lewat dan merasa haus. Mereka yang berjualan di pinggir jalan tentunya mencari konsumen para pengendara yang lewat jalan. Mereka yang berjualan di depan pusat perbelanjaan tentunya mencari konsumen yang sedang berbelanja. Untuk mencari pelanggan mereka tidak merasa kesulitan, asalkan mereka tetap menjaga rasa sehingga para pembeli merasa puas dan menjadi langgan tetap.
Namun dalam memperoleh konsumen tarkadang mereka sedikit kurang baik, mereka menggunakan cara-cara yang kurang baik. Seperti mempengarihi pelanggan agar tidak membeli di pedagang lain dengan alas an yang mengada-ada. Bukan hanyaa iti terkadang dalam merebutkan pelanggan mereka menggunakan
5. KEAMANAN
Untuk masalah keamanan para pedagang hanya memperhatikan sedikit saja, bahkan ada juga yang tidak memperhatikan keamanan, contohnya pedagang yang berjualan di pinggir jalan besar yang mepet dengan bibir jalan. Tentunya hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan pelanggan, apabila mereka yang membawa balita yang belum bengerti dengan keselamatan bagi jiwanya sendiri. Bukan hanya itu terkadang ada pedagang yang menggunakan zat pemanis yang sangat berbahaya untuk kesehatan konsumen. Namun ada juga pedagang yang sangat memperhatikan keamanan pelanggannya, contohnya mereka yang berjualan di kios-kios.
6. KENYAMANAN
Kenyamanan dalam suatu usaha merupakan sesuatu yang sangat penting, terkadang kalau rasanya enak tetapi tempat pangkalannya tidak nyaman biasanya akan kurang diminati orang. Oleh karena itu mereka harus memperhatikan kenyamanan agar para pengunjung merasa terlayani dengan baik. Mereka mencari tempat yang sejuk dan bersih, ada juga tang membuka di kios-kios yang mereka sewa untuk usaha.
7. ESTETIKA
Pedagang es sop buah sangat merasa senang menjalani usaha ini, karena mereka meresa dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, mereka meresa senang sekali kalau dapat memuaskan pelanggannya dengan hidangan mereka. Terlebih rasa itu muncul tatkala ada oreng yang menjadi langgan karena meresa puas dengan pelayanan yang disajikan pedagang ini. Cara membuat pelanggan puas tentunya sangat berbeda-beda dari masing-masing pedagang es sop buah, ada yang membuat dekoresi sekeliling dengan hiasan yang sangat indah, adapula yang menyediakan kursi-kursi yang indah untuk pelanggan menunggu serta menikmati hidangannya sambil mendengarkan lantunan music yang sedang popular dikalangan pelanggan.

C. ALTERNATIF PENYELESAIAN MASALAH

            Berjualan boleh saja, tetapi mereka harus memperhatikan orang lain. Jangan hanya mementingkan dirinya sendiri, jangan hanya mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya. Tetapi kita harus mengutamakan orang lain dari berbagai aspek, baik itu kenyamanan, keamanan, kesehatan, maupun hal lain yang berkaitan dengan suatu usaha. Mereka juga harus memperhatikan etika dalam usaha atau bisnis, yang tidak ada menyangkut hubungan antara pengusaha dengan pengusaha, tetapi mempunyai kaitan secara nasional bahkan internasional. Tentu dalam hal ini, untuk mewujudkan etika dalam berbisnis perlu pembicaraan yang transparan antara semua pihak, baik pengusaha, pemerintah, masyarakat maupun bangsa lain agar jangan hanya satu pihak saja yang menjalankan etika sementara pihak lain berpijak kepada apa yang mereka inginkan. Artinya kalau ada pihak terkait yang tidak mengetahui dan menyetujui adanya etika moral dan etika, jelas apa yang disepakati oleh kalangan bisnis tadi tidak akan pernah bisa diwujudkan. Jadi, jelas untuk menghasilkan suatu etika didalam berbisnis yang menjamin adanya kepedulian antara satu pihak dan pihak lain tidak perlu pembicaraan yang bersifat global yang mengarah kepada suatu aturan yang tidak merugikan siapapun dalam perekonomian.

Persaingan dalam dunia bisnis perlu untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas, tetapi persaingan tersebut tidak mematikan yang lemah, dan sebaliknya, harus terdapat jalinan yang erat antara pelaku bisnis besar dan golongan menengah kebawah, sehingga dengan perkembangannya perusahaan besar mampu memberikan spread effect terhadap perkembangan sekitarnya. Untuk itu dalam menciptakan persaingan perlu ada kekuatan-kekuatan yang seimbang dalam dunia bisnis tersebut.
Observasi Pedagang Kaki Lima Es Sop Buah
Observasi Pedagang Kaki Lima Es Sop Buah

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Observasi Pedagang Kaki Lima Es Sop Buah

0 komentar:

Post a Comment